Kepiting bakau lezat tarakan

Tarakan terkenal dengan kepiting bakaunya, sehingga jika Anda ke Tarakan Anda harus mencicipi kepiting ini.   Kenapa harus? karena teman, saudara, kenalan anda, bos anda, akan bertanya sudahkah anda mencicipi kepiting bakau kalimantan yang terkenal itu? malu dong jika anda menjawab belum. Selain itu, anda harus mencoba kepiting tersebut karena biar anda bisa memfotonya, setelah di foto, anda bisa menguploadnya ke akun istagram dan facebook anda, dan teman-teman anda akan berkomentar.  Anda eksis, dan mereka akan iri dengan anda. Mereka menganggap anda keren, anda pastinya penting, karena bisa melakukan perjalanan dinas ke Kalimantan.  Mereka iri karena mereka hanya bisa melihat gambar, sedangkan anda menyantap lahap kepiting lezat tersebut.  Teman-teman anda iri? hooooo… anda makin senang.  Anda berkata, “siapa suruh add saya?” hahahaha….

Anda tidak puas dengan alasan omong kosong alasan mencoba kepiting bakau Tarakan diatas?  anda ingin alasan yang mulia? well, beberapa alasan berikut mungkin bisa menjadi penyemangat anda.  Pertama, dengan anda membelanjakan uang dinas, perdiem anda di kota kecil tersebut, tepatnya di restoran yang menjual kepiting, anda bisa membantu pemilik restoran untuk terus menyediakan lapangan pekerjaan kepada para pelayan restoran tersebut. Beberapa dari pelayan restoran  mungkin sudah memiliki istri, suami, dan anak, dan kesejahteraan mereka terhgantung dari gaji yang mereka dapatkan dengan bekerja di restoran tersebut.  Kedua, uang yang anda belanjakan di tarakan akan menghidupakan perekonomian di kota kecil tersebut. Anda seharusnya merasa bersalah jika anda sangat berhemat selama tinggal di Tarakan hanya untuk nantinya membelanjakan uang anda di Jakarta. Anda tidak tinggal di Jakarta? oppps… maaf. Dihabiskan di Surabaya, Bandung, Medan, dan kota besar lainnya….  Kota besar tidak lagi membutuhkan uang anda, berbeda dengan kota kecil.   Bagi kota kecil, setitik air di gurun pasir… Tetapi anda juga jangan langsung berlagak sebagai super hero, bagaimanapun, meski kecil, tarakan termasuk kota yang kaca.  Jika alasan pertama dan kedua juga masih tidak berhasil meyakinkan anda, maka alasan yang sebenarnya, kenapa anda harus mencoba kepiting bakau tarakan, tentu saja karena kepiting tersebut enak…. air liur anda menetes? lap dulu dengan tisu, atau jika anda sudah berada di tarakan, carilah restoran kepiting terdekat🙂.

Salah satu restoran kepiting yang terkenal di Tarakan adalah Rumah makan “Kepiting Saus Kenari” yang terletak di jalan Mulawarman.  Jalan Mulawarman dimana? jangan tanya saya dong, tanya ke mba google aja, mba google sekarang punya saudara, namanya google map, google map pasti tau.  Anda bisa menikmati kepiting tersebut dengan berbagai minuman seperti es jeruk atau jeruk panas, es teh atau teh panas, es kelapa muda, dan banyak minuman lainnya. Anda bisa memesan minuman dan makanan sebanyak-banyaknya, pertama, lihat dulu ketersedian uang di dompet anda, kedua, tentu saja kapasitas lambung anda, ketiga, apakah anda menderita kolesterol atau tidak.  Uang di dompet tidak cukup? tenang, anda bisa menggesek kartu debit anda.  Uang di kartu debit anda tidak ada? kalau itu jangan lapor ke saya.  Pastinya, restoran tersebt tidak menerima kas bon🙂

Rekan saya, Tommy, mengatakan kalau restoran ini sudah ada dari dulu.  Ketika dia masih kecil, sekitar tahun 80an, dia dan ayahnya sering melewati restoran ini. Tommy mengatakan kalau mereka hanya lewat, paling sekali-kali mampir, hal ini dikarenakan di tambak udang milik keluarganya, mereka bisa mendapatkan kepiting bakau berukuran raksasa, yang saking banyaknya, tidak bisa mereka habiskan.   Tetapi meski demikian tommy tidak pernah merasa bosan dengan kepiting.  Olahan kepiting ibu Tommy tidak kalah dengan kepiting di restoran.  Siapa yang bilang? tentu saja Tommy.  Dan sebagai anak baik dan berbakti, tommy sering memuji ibunya.  Ibu Tommy paling suka membuat sup kepiting dan kadang-kadang kepiting digoreng dengan di balut tepung bumbu, rasanya crispy-gurih.

Anda suka makan enak? tetapi alangkah bagusnya jika anda ikut memikirkan kelestarian alam, selain menjadikan perut anda happy. Jika memungkinkan, meski enak, sebaiknya anda jangan membeli kepiting telur.  Kepiting petelur adalah jenis kepiting yang dilarang untuk ditangkap dan diperjualbelikan.  Sehingga ketika kita membeli kepiting tersebut artinya sama dengan kita melanggar hukum, lebih dari itu, jika setiap kepiting petelur di tangkap dan dimakan maka populasi kepiting akan berkurang, dan bahkan suatu saat nanti mungkin akan punah.  Tentunya anda tidak ingin kepiting bakau lezat anda punah kan?

Jadi, tidak membeli kepiting petelur adalah salah satu sikap mulia yang memastikan keberlangsungan kepiting sehingga generasi mendatang juga bisa menikmati kelezatan kepiting seperti yang kita rasakan sekarang.  Tentunya anda bersedia berbagi untuk generasi mendatang kan? Ah… hati anda sangat mulia.

Harga kepiting segar yang dibeli oleh pengepul di lokasi tambak-tambak terpencil saja sudah mahal, apalagi jika kepiting yang ada di rumah makan yang sudah diolah.  Iya, Anda juga harus bersiap-siap merogoh kocek agak lebih dari biasanya.  Tetapi dijamin Anda tidak akan menyesal menikmati hidangan kepiting di restoran tersebut. Bon Appetite!

20160205_202317-220160205_202337

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s