Air Minum Gratis; Milia Tarakan

Sudah rahasia umum kalau kita sebagai orang Indonesia sejati suka yang gratis-gratis.  Ah masa sih?  tidak juga sih, orang dari negara lain juga sama, sebut India atau arab… ah jangan begitu, kita tidak boleh SARA :-), anda mengatakan kalau orang dari negara maju juga? sebut Inggris misalnya… Orang inggris juga suka yang gratis? tentu saja, mereka juga manusia.  Sehingga, mari kita sepakat, kalau pada umumnya, manusia di bumi ini menyukai hal yang gratisan.  Gratisan dan bukan murahan ya… catet!

Pada umumnya hotel menyediakan air minum gratis di kamar untuk tamunya; biasanya dua botol. Tergantung dengan harga kamar yang dibayarkan, selain itu biasanya juga ada water heater, kopi, teh, creamer dan gula. Anda kaget? anda tidak pernah menemukan barang-barang tersebut di kamar hotel anda? ah… jangan pernah mengatakan saya berbohong itu karena anda selama kini menginap di hotel melati…  coba anda menginap di hotel yang lain… misal di four season hotel… tapi ngomong-ngomong bunga melati bisa hidup di negara empat musim ngga ya? atau melati hanya bisa hidup di negara tropis? anda tahu jawabannya?hebat… anda lebih pintar dari saya.  Anda pasti kaya. Jangan lupa tinggalkan jawaban di comment ya. Ah anda baik sekali mau capek-capek menjawab, terima kasih. Sukron.

IMG_6961Di hotel Milia Tarakan, untuk kamar standar, saya mendapatkan semuanya. Tarakan dimana ya? anda tidak tahu? tarakan itu ada di Kalimantan Utara… emang ada provinsi bernama Kalimantan Utara? anda juga belum tahu? Indonesia saat ini memiliki 34 provinsi, dan Kalimantan Utara yang juga disebut Kaltara merupakan provinsi yang termuda. Kaltara adalah pemekaran dari kalimantan timur. Aduh… kok mekar terus sih? ngabisin anggaran negara saja.  Hmmm… benar juga sih.. kalau mau mekar itu.. ya cukup bunga melati aja kali ya… tapi… hotel melati kan ngga dapat air gratis?… anda bilang dapat? iya, air bak mandi. Itupun gayungnya pasti berwarna coklat… hahaha..

Kembali lagi ke air minum gratis, ketika air habis, biasanya kita harus membeli, tidak ada lagi gratisan untuk anda.  Jika anda minta gratisan terus hotel tersebut bangkrut dong. Nanti kalau hotel bangkrut, pemilik hotel ngga bisa membayar pinjaman mereka ke Bank dong.  Dan rumah mereka disita, trus anak dan keluarga mereka mau tinggal dimana? jadi, jangan minta gratisan terus ya.

Di hotel terdapat kios kecil yang menjual air dan makanan kecil, saya tidak mampir kedalamnya dengan asumsi bahwa harga disana pasti lebih mahal. Berjalan 3 menit jalan kaki dari Hotel Milia, terdapat dua toko/ mini market besar, yang dimiliki oleh Cina Tarakan, dan seperti toko Cina yang umum kita jumpai di daerah-daerah baik di Banda Aceh ataupun Jayapura, mereka menjual lengkap mulai dari aqua, minuman kaleng, berbagai macam snack, dan banyak lainnya yang justru jauh lebih lengkap dari alfamart.  Harga mereka relatif lebih murah untuk standar kota tersebut.

Ketika saya hendak checkout, di pagi hari, air minum saya yang disediakan hotel sudah habis, demikian juga halnya air minum yang saya beli. Biasanya jatah air gratis dari hotel hanya satu kali satu hari,  jika tamu check out dan tidak extend maka jika saya memesan air biasanya saya harus membayar. Karena saya haus dan malas keluar, saya juga tidak berkeberatan.

Saya menelfon respsionis hotel, yang dengan ramah disambut oleh resepsionis laki-laki, dia bilang petugas hotel akan segera mengantarkan minuman ke kamar saya, dan saya tidak perlu membayar.  Iya, saya mendapatkan bonus tambahan dua botol aqua kecil gratis.   Hotel Milia tidak hanya bersih, tetapi juga ramah dan baik.

RF

Leave a Reply

