Teman, kamu telah berubah, karena itu kita harus berpisah

Saya memiliki teman, dan teman saya tersebut sudah berubah menjadi sosok yang asing bagi saya.   Terutama semenjak dia turun berat badan dan juga karier yang semakin menanjak.  Dia berubah dari itik buruk rupa menjadi angsa yang cantik menarik.  Sebagai teman saya ikut senang dengan perubahannya.  Tetapi ternyata ada sisi lain dari dirinya yang ikut berubah. Dia dulu sosok yang perhatian, baik, dan ramah, tetapi dengan semua kesuksesannya dan dengan popularitas yang semakin meningkat, dia menjadi sosok arogan dan asing.

Pertama, dia tidak lagi menyukai kegiatan outdoor

Yang membuat saya berteman dengan dia adalah karena kita memiliki hobby yang sama, kita menyenangi kegiatan outdoor.  Tidak mudah menemukan teman perempuan yang menyukai pantai dan kegiatan lain sejenis.  Tetapi semenjak dia turun berat badan, dia semakin menjadi terobsesi dengan menjadi cantik.  Tidak hanya masalah berat yang menjadi obsesinya, dia juga mulai takut jika kulitnya terkena sinar matahari.  Dia tidak pernah mau lagi diajak ke pantai.

Kedua, dia menjadi lebih materialistis

Sebagaimana umumnya para petualang, kami tidak terobsesi dengan materi. Kami menyukai kesederhanaan.  Sebelum berubah, teman saya memiliki perspektif yang sama, kami bekerja, tetapi kami tidak obses dengan menumpuk kekayaan.  Semenjak karir teman saya menanjak, dia lebih senang bergaul dengan orang-orang dari kelas diatasnya, dan tidak mau lagi berteman dengan orang dengan kelas dibawahnya.  Demikian halnya saya.  Dia semakin jarang menghabiskan waktu dengan saya, dan lebih mementingkan teman kelas atas yang baru dikenalnya.

Ketiga, dia menjadi sombong

Dia berubah menyukai barang branded dan mahal, obrolannya juga berkisar mengenai belanja dan hal sejenisnya. Dia juga jadi mudah merendahkan orang lain. Jika dulu dia bisa berteman dengan siapa saja, sekarang dia menjadi lebih pemilih.  Kita bersahabat, setidaknya dulu ketika kita masih berteman, ketika dia dalam kesusahan saya ada untuknya, dan bagaimanapun dia sepertinya tidak lupa itu.  Dia masih meluangkan waktu untuk bertemu dengan saya, tetapi entah kenapa saya tidak lagi merasa nyaman dengannya.  Saya semakin merasakan perbedaan di antara kami.

Mungkin saatnya berpisah.  Setelah sekian lama menjalani persahabatan yang hambar, akhirnya saya berniat untuk mengakhirinya.  Tidak hanya merasa tidak nyaman tetapi saya juga merasa kesal setiap di dekatnya.  Saya tidak suka orang yang arogan apalagi orang yang memandang rendah orang lain.  Dengan berbagai pertimbangan, saya memantapkan hati kalau saya harus berpisah darinya.  Saya membicarakan hal tersebut terus terang dengannya, dan dia juga setuju dengan rencana kalau kami tidak akan lagi saling bertemu.

Tidak ada yang salah dengan teman saya ataupun saya. Hanya saja, dunia berubah dan kita berubah.  Dan kita tidak lagi merasa cocok.  Saya tidak merasa kesal dengan teman saya, tidak ada marah. Tetapi memang kita sudah tidak cocok lagi. Inilah saatnya dia menemukan sahabat baru, demikian juga saya.

end-friendship_786741i

Jika Anda disituasi yang sama, mungkin tulisan ini bisa membantu. Anda masih ragu dan berusaha menyelamatkan pertemanan Anda, tetapi setiap Anda mencoba, Anda justru merasa tidak cocok.  Jangan segan melepas.  Tidak semua harus dipertahankan termasuk pertemanan, ada kalanya Anda harus melepas karena dengan itulah Anda bisa menciptakan keseimbangan baru.  Hal ini akan baik bagi Anda dan juga teman Anda tersebut.  Semua di dunia ini berubah. Mungkin terkadang kita tidak menyukai perubahan tersebut, tetapi kita harus menerimanya, dan jika itu kita lakukan, kita akan merasa lebih baik. Cobalah.

 

 

Leave a Reply

